cara mengecek backlink

Berbagai Cara Mengecek Backlink yang Bisa Anda Praktekan

Saat anda mencari sebuah informasi pada sebuah pencarian menggunakan search engine, pastilah ada banyak hasilnya yang tampil dari berbagai situs. Adanya situs – situs tersebut kemungkinan besar merupakan pengaruh backlink yang sangat signifikan. Penggunaan backlink memungkinkan sebuah situs diutamakan dalam hasil pencarian sehingga muncul di halaman browser. Nah, beberapa situs yang muncul tersebut, bisa jadi adalah pesaing atau competitor anda. Maka dari itu, anda bisa menyimak penjelasan seputar cara mengecek backlink blog yang bisa anda praktekan.

Kenali Apa Pengertian dari Backlink

Sebelum anda melangkah ke cara mengecek backlink, ada baiknya anda mengerti apa itu backlink dan kenapa keberadaan backlink sangat penting untuk situs web anda.

Secara sederhaan, backlink merupakan link atau tautan yang terpasang dan mengarah ke luar atau ke situs lain. Atau dalam hal ini adalah situs anda atau competitor anda. Jadi, backlink ini tertanam pada halaman web dari domain lain yang mengarah ke situs anda atau competitor anda.

Pada dasarnya, anda bisa mendapatkan sebuah backlink dengan cara yang natural. Seorang webmaster atau pemilik web lain bisa saja mencantumkan link yang mengarah ke website anda sebagai sumber informasi. Seperti layaknya seseorang merekomendasikan sesuatu dengan mengarahkan visitor ke situs web yang berkaitan.

Jika hal itu anda rasa sulit untuk mendapatkan backlink, anda bisa menggunakan cara lain. Apa itu? Itu adalah dengan meminta sendiri kepada pemilik website untuk mencantumkan link aktif pada halaman situs webnya. Hal ini bisa didapatkan dengan cara gratis, bertukar backlink atau bahkan membeli.

Meskipun berdampak positif, tetapi anda tetap perlu berhati – hati agar tidak memiliki backlink yang tidak natural sehingga bisa dianggap spam oleh Google. Dan dampaknya, akan membahayakan peforma situs web anda di mata Google.

Manfaat Backlink Untuk Situs Web Anda Dalam Cara Mengecek Backlink

Seperti yang sempat disinggung sebelumnya, backlink memang bermanfaat untuk perkembangan situs web anda. Tetapi, apa saja manfaat backlink pada website anda secara spesifik?

Dapat Membuat Peringkat Situs Web Anda Menanjak

Bila ada banyak situs web yang menanam backlink yang mengarah ke situs anda, itu memungkinkan situs web anda dipandang positif oleh Google. Hasilnya, peringkat situs web anda pada sebuah hasil pencarian akan meningkat.

cara mengecek backlink

Bila meningkat, akan menghasilkan banyak visitor. Dengan adanya banyak visitor, maka pandangan Google terhadap situs web anda semakin positif.

Mempercepat Proses Google untuk Index Halaman Situs Anda

Indexing membutuhkan peran bot crawler milik Google. Dengan adanya banyak situs yang merekomendasikan situs web anda melalui tersematnya banyak link aktif yang menuju situs web anda, maka Google akan menjadikan situs web milik anda sebagai prioritas. Dengan begitu, semakin cepat terindex, maka akan semakin baik hasilnya.

Memperoleh Visitor yang Lebih Banyak

Bayangkan bila seseorang mengunjungi situs web yang merekomendasikan situs anda, ada kemungkinan besar pengunjung tersebut akan mengklik tautan yang mengarah ke domain anda dan hasilnya, visitor anda pun bertambah. Semakin banyak backlink, maka semakin besar pula jumlah visitor web yang akan anda dapatkan. Dan tentunya hal ini menjadikan potensi lead atau penghasilan dari jaringan iklan bisa membesar pula.

Jenis Backlink yang Penting untuk Anda Pahami

Sebelum pada akhirnya Anda mencari dan berusaha mendapatkan backlink, lebih baik anda perhatikan terlebih dahulu jenis – jenis backlink yang ada. Hal ini bermanfaat agar anda bisa mengerti kelebihan dan kekurangannya masing – masing. Dengan begitu, anda tidak akan salah memilih jenis backlink sesuai dengan kebutuhan anda.

Backlink Dofollow, Backlink dengan Menyematkan Link Aktif

Perlu diakui bahwa jenis backlink dofollow merupakan jeni backlink yang banyak dicari oleh para webmaster atau pemilik web. Hal ini karena dengan menyematkan link aktif pada halaman web, maka situs web tersebut seolah – olah merekomendasikan situs web milik anda dan layak untuk dijadikan prioritas di mata Google.

Adanya link aktif ini juga mengijinkan bot crawler milik Google merayap dan mengikuti link aktif ini sehingga proses indexing bisa lebih cepat.

Kelebihan dari Backlink Dofollow adalah membantu merangking situs web anda pada pencarian Google. Dan tentunya akan membuat Google melihat bahwa situs web anda layak untuk diprioritaskan.

Tetapi, backlink Dofollow juga memiliki kekurangan, yaitu Google akan menganggap situs web anda sebagai spam bila bila anda memberikan secara berlebihan dan tidak natural. Akibatnya, Google akan kurang memprioritaskan situs web anda pada hasil pencarian.

Backlink Nofollow, Backlink dengan Link Mati di Dalamnya.

Lawan dari backlink Dofollow adalah Backlink Nofollow. Dengan begitu, backlink dengan jenis nofollow tidak akan dirayapi oleh Google. Meskipun berbentuk link tidak aktif atau mati dan tidak terayapi oleh Google, tetap saja akan berdampak positif pada perkembangan situs web kalian.

Bagaimana tidak, meskipun berupa link mati, para visitor tetap mengetahui bahwa situs anda sedang tercantum. Maka, bagi visitor yang berminat akan melakukan kunjungan ke situs web anda. Dan pada akhirnya, situs web anda mendapatkan tambahan jumlah pengunjung.

Keuntungan dari backlink jenis nofollow adalah dapat menyeimbangkan jumlah dofollow sehingga tidak berlebihan. Jadi, anda tetap dapat menikmati manfaat dari backlink dofollow tanpa harus takut Google menganggap spam

Kekurangan dari backlink jenis nofollow adalah kurang menarik dan kurang bisa mendatangkan visitor. Jumlah visitor yang dihasilkan, bisa jadi lebih sedikit dari pada backlink dofollow.

Cara Audit Backlink pada Situs Web Milik Orang Lain

Setelah anda mengetahui serba – serbi dari backlink seperti pengertian, manfaat dan jenis – jenis backlink, maka saatnya anda beralih ke cara mengecek backlink yang ada pada situs web milik orang lain atau competitor anda.

Nah, untuk melakukannya, anda bisa memanfaatkan tool online buatan seorang Digital Marketing bernama Neil Patel. Dia memproduksi tool bernama Ubbersuggest yang mana ramah untuk pengguna baru atau newbie friendly. Begini cara pakainya.

Langkah Menggunakan Tool Ubbersuggest Dalam Cara Mengecek backlink

Pertama, tentunya anda harus mengetik nama domain yang anda ingin cek. Setelah itu tekan enter atau tanda kaca pembesar.

Setelah itu, anda akan melihat data – data seperti Domain Authority, Backlink, Referring Domain dan Organic Traffic Monthly.

Lalu, ada juga informasi backlink overtime, yang mana anda bisa mengetahui perkembangan dari sebuah backlink pada sebuah situs web secara live.

Ketiga, ada pula new & lost backlink yang memungkinkan anda melakukan maintenance optimasi website.

Dan pada akhirnya ada informasi seputar backlink, seperti sumber backlin, seberapa berkualitas sumber backlink yang ada dan sebagainya.

Dengan mengetahui cara menggunakan tool dari Neil Patel ini, anda bisa mengetahui cara mengecek backlink website orang lain dan dengan begitu, anda bisa mudah mencari celah untuk bersaing dengan competitor anda.