perbedaan backlink dofollow dan nofollow

Inilah Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow yang Perlu Kalian Ketahui

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa keberadaan backlink untuk situs web kita itu sangatlah penting dan berharga. Sehingga ada banyak orang yang mengincar backlink dengan harapan memiliki pengunjung yang banyak hasil dari pencarian di Google. Lantas, barangkali kalian pernah mendengar tentang backlink yang berisi link nofollow dan dofollow. Sebenarnya, apa perbedaan backlink dofollow dan nofollow? Dan apa pengaruh dari dua jenis backlink tersebut? Artikel ini akan menjelaskan perbedaan dan keuntungan dari masing-masing jenis backlink tersebut.

Sebelum melangkah ke pembahasan soal perbedaan antara nofollow dan dofollow, kita bahas dahulu kenapa backlink itu sangat penting untuk perkembangan situs web kalian. Memangnya, apa keuntungan dari backlink?

Keuntungan Memiliki Backlink

Backlink bisa digunakan untuk sarana promosi website kita. Dengan adanya backlink, ini berarti situs web kita berpotensi memiliki tambahan jumlah visitor, tergantung seberapa berkualitasnya sumber backlink tersebut. Jika backlink yang ada memiliki kualitas yang buruk atau mungkin masih baru dan belum teroptimasi, backlink tersebut akan sia-sia.

Tetapi beda halnya bila sumber backlinknya adalah situs yang sudah tua dan telah teroptimasi dengan baik. Hal itu akan berdampak sangat baik untuk perkembangan situs web kalian. Dan dalam memberikan sebuah backlink, seorang pemilik website memiliki kebebasan untuk membuat backlink dofollow atau nofollow untuk situs web kita. Nah, seperti pokok bahasan kita kali ini, apa bedanya backlink nofollow dan juga dofollow?

Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow

Bagi yang  baru terjun ke dunia blogging, pastinya akan bingung ap aitu backlink dofollow dan nofollow. Nah artikel ini akan menjelaskan perbedaannya, cara membuatnya beserta keunggulan sekaligus kekurangan masing-masing.

Pengertian Backlink Dofollow Terkait Perbedaan Backlink Dofollow dan Nofollow

perbedaan backlink dofollow dan nofollow

Link Dofollow merupakan istilah yang dilakukan pemberi backlink untuk membiarkan robot search engine mengindek link yang kita buat untuk website lain, atau dalam hal ini adalah website kalian. Atau secara sederhana, pemilik website memberi tahu Google bahwa situs yang pemberi backlink cantumkan linknya merupakan situs yang baik. Dan dalam bentuknya, backlink dofollow berbentuk link aktif yang umumnya berwarna biru. Dan bila kita tekan, akan mengarah ke situs web target.

Dengan penjelasan di atas, pasti kalian bisa membayangkan bagaimana bentuk dari backlink Dofollow, kan? Ternyata memang sesederhana itu, tetapi dampaknya besar sekali. Apa saja dampak positifnya? Itu akan dibahas nanti. Sekarang, perhatikan apa itu backlink nofollow.

Pengertian Backlink Nofollow

Nah, backlink Nofollow merupakan kebalikan dari Dofollow. Hal ini membuat bot crawler milik mesin pencari tidak mengindek link yang dicantumkan. Meskipun kadang kala juga akan di-crawl, tetapi tidak seefektif Dofollow. Cara ini memang memberi kesempatan pada visitor untuk mengetahui situs web yang dimaksud, tetapi seorang visitor tidak akan bisa mengunjungi situs web target secara langsung. Hal ini kadang yang dihindari oleh para pemburu backlink.

Hal ini karena biasanya orang tidak mau mengetikan tautan nofollow atau yang tidak aktif pada browser secara manual sehingga dianggap tidak berdampak pada peforma website. Maka dari itu banyak orang yang memburu backlink akan memilih format dofollow sehingga ada kemungkinan besar seorang visitor mengunjungi situs web target. Tetapi, apakah benar dofollow lebih unggul dari nofollow? Apakah nofollow memang merupakan sebuah backlink yang tidak efektif? Silakan simak penjelasannya.

Link Dofollow, Apa saja Keunggulan dan Kekurangannya?

Di dunia ini tidak ada yang selamanya unggul atau selamanya kurang. Tidak juga ada yang seratus persen unggul atau seratus persen kurang. Semua hal ada sisi unggul dan kekurangan, dan itu juga termasuk backlink dofollow dan nofollow. Maka dari itu berikut ini akan kami jelaskan apa saja keunggulan dan kekurangan dari backlink nofollow dan dofollow.

Keunggulan Link Dofollow yang Perlu Ketahui

Link dofollow membiarkan bot web crawler untuk menelusuri tautan atau link sampai keluar menuju situs web target. Link jenis dofollow memiliki peran yang penting guna mengupgrade ranking dan posisi situs web dalam pencarian di search engine. Hal itu karena link dofollow seolah mengatakan pada Google bahwa situs ini baik dan layak untuk ditemukan oleh banyak orang. Semakin banyak link dofollow, semakin baik.

Kekurangan Link Dofollow yang Wajib Anda Mengerti

Ya, bagai pisau yang tajam di kedua sisi, backlink dengan link aktif atau dofollow juga dapat menurunkan ranking situs web di mata Google bila sumber backlink dofollownya berasal dari situs spam atau yang berisi konten terlarang. Kenapa? jenis backlink ini Google anggap sebagai situs spam. Maka dari itu, terampillah dalam memilih sumber backlink agar tidak berdampak buruk terhadap situs kalian.

Keunggulan Link Nofollow

Meskipun jarang mempelajari ini oleh para pemburu backlink dan memang tidak memiliki efek yang powerfull untuk meningkatkan ranking website di mata search engine, terutama Google, backlink dengan link nofollow juga dapat memberi kesempatan pada para visitor untuk mengetahui situs web target. Jadi, tetap terlihat pada visitor tetapi tidak masuk perhitungan oleh search engine. Pada intinya, backlink dengan link mati atau nofollow tetaplah berguna.

Kekurangan Link Nofollow yang Wajib Anda Mengerti

Link mati atau nofollow memang tidak mempengaruhi atau membantu dalam usaha optimasi SEO atau Search Engine Optimization. Seperti singkatan dari SEO tersebut, bagaimana bisa membantu optimisasi SEO bila search engine saja tidak bisa melihat link aktifnya. Maka dari itu, backlink jenis ini memang pelu Anda hindari oleh mayoritas blogger. Setelah Anda mengetahui masing-masing kelemahan dan keunggulan backlink ada kalanya untuk melakukan langkah cek backlink gratis yang bisa Anda gunakan untuk audit situs.

Cara Membuat Backlink Dofollow dan Nofollow

Barangkali kalian ingin mencoba membuat backlink dofollow dan nofollow di situs web kalian sendiri. Atau kalian hanya ingin melihat perbedaan tampilan dan efek antara link dofollow dan nofollow, kalian bis abaca penjelasan berikut ini.

Nah, untuk membuat backlink yang mengandung link aktif atau dofollow, kalian bisa membuat begini :

<a href=”https://www.situskalian.com/”>situskalian.com</a>, itu adalah format membuat link dofollow menggunakan HTML. Dengan cara seperti itu, halaman situs kalian akan secara otomatis mendeteksi bahwa itu link aktif dan pada akhirnya membuat tulisan tersebut berwarna biru (umumnya) atau kadang menyesuaikan warna tema dan pengaturan di sisi belakang website.

Nah, kalau ingin membuat backlink dengan link mati atau nofollow, kalian bisa ketik dengan format HTML sebagai berikut : <a href=” https://www.situskalian.com/” rel=”nofollow”>situskalian.com</a>, dan halaman situs kalian tidak akan menampilkan tampilan yang berbeda dan memang sama persis seperti tulisan lainnya. Dengan begitu, kalian bisa memahami perbedaan backlink dofollow dan nofollow.